Opini Terbaru

[Calon Buku] Hukum Komunikatif by Anom Surya Putra

Gambar
 Hukum Komunikatif Karya: Anom Surya Putra ~ Naskah (calon) buku yang ditulis dalam keadaan "chaotic", non-sistematis, sedikit mengandung aforis atau metafor, tidak bermanfaat bagi praktisi hukum, dan mungkin berguna bagi pemula yang hendak membaca "hukum" dengan cara rebahan, atau bacaan ringan bagi individu yang mati-langkah dengan dunia hukum yang digeluti selama ini ~ I. Bangun dari Tidur Panjang Secangkir kopi dan teh berdampingan di meja kecil. Gemericik air dari pahatan pancuran air menemani cairan yang tersimpan di dalam cangkir kopi dan teh. Mata sembab setelah menatap ribuan kalimat di layar komputer. Jemari bergerak secara senyap, memindahkan visual pikiran dan audio batin ke dalam rangkaian gagasan. Awal. Baru memulai. Chaotic. Bangun dari tidur yang panjang. Terlalu banyak minum kopi dan teh sungguh memicu asam lambung. Cinta yang mendalam terhadap kopi dan teh terganggu dengan asam lambung yang bergerak maraton di dalam tubuh. Kurang bijak meminum kopi...

Desa Soropaten Klaten, Tugu Waseso Saksi Kemerdekaan NKRI

Tugu Waseso berdiri menatap awan di Desa Soropaten, Karanganom, Klaten, Jawa Tengah. Warga Desa menyebut tugu ini sebagai simbol perjuangan kemerdekaan. Sepuluh tahun sebelum Proklamasi 17 Agustus 1945 Presiden Soekarno pernah singgah dan meminta restu kepada Kyai Karsorejo sebelum lanjut bergerak memperjuangkan kemerdekaan. Hening sebelum bertindak.

Kyai Karsorejo adalah sesepuh di Desa ini yang diminta restu oleh Soekarno atas amanat dari Sri Susuhunan Pakubuwana X sebelum beliau wafat.

Tak heran, bendera merah putih berkibar di puncak tugu setinggi 12,5 meter ini. Simbol tonggak perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Anda bisa berkunjung ke tugu bersejarah ini tepatnya di hamparan persawahan Dukuh Pandanan, Desa Soropaten. Satu kompleks dengan makam Kyai Karsorejo yang juga diakui sebagai sesepuh Dukuh Pandanan.

Amanat Pakubuwana X kepada Soekarno pergi ke Desa nampak sebagai strategi pergerakan nasional. Media Tirto.id menguatkan strategi ini: "Zaman Pakubuwana X berkuasa adalah masa-masa tenang. Pergolakan fisik terhadap Belanda mulai berkurang, berganti perlawanan dengan cara lain, yakni melalui berorganisasi, daya pikir, atau bertarung pena lewat surat kabar. Saat itu abad sudah berganti dan periode pergerakan nasional telah dimulai."

Menara Baskoro di Desa Soropaten setidaknya merupakan menara tempat beribadah Sri Susuhunan Pakubuwana X. Dari sejarah lisan yang diperoleh dari warga Desa, menara ini pada tahun 1960-an hancur karena konflik antara Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan kekuatan sosial anti-PKI. Dan versi lain menyatakan hancur dimakan usia. Hanya tinggal pondasi bangunan saja.

Warga bergerak secara swadaya untuk memperbaiki Menara yang juga merupakan simbol kegotongroyongan ini. Akhirnya Dana Desa digunakan untuk renovasi Menara setinggi 11 (sebelas) meter dan 5 (lima) tangga. Menara yang kaya simbol: "lima berarti Pancasila, Rukun Islam, atau kiblat papat kalima pancer", sedangkan 11 (sebelas) bisa dimaknai kesatuan manusia dengan Tuhan dan kesatuan organik antara rakyat dan pemimpinnya (manunggaling kawula-gusti). 

Wayang Kulit Haul Kyai Karsorejo

Pemerintah Desa dan masyarakat Desa tetap mengembangkan hak asal usulnya. Pementasan seni wayang kulit berlangsung setiap malam Jum'at Legi. Lakon wayangnya adalah Bharatayuda Jayabinangun, kisah perang saudara antara Pandawa dan Kurawa berebut Astina.

Seni pertunjukan wayang ini bermula dari lelaku Kyai Karsorejo untuk mengatasi bencana wabah penyakit (pagebluk) yang menimpa Dukuh Pandanan di Desa ini sekitar tahun 1926. Puluhan warga dikabarkan sakit pada sore hari dan keesokan pagi warga tersebut meninggal dunia. Setelah pertunjukan wayang selesai, wabah berangsur menghilang.

Warga Desa menggelar kirab budaya pada bulan Suro dan wayang kulit secara sederhana tapi pengunjung tumpah ruah di jalanan. Desa Soropaten memberikan pembelajaran bagi kita semua bahwa "masa lalu Desa" diwarnai dengan cara Desa mengatasi peristiwa wabah (pagebluk) dengan solidaritas. 

Sutoro Eko menyatakan dalam buku Desa Baru, Negara Lama, "Desa inklusif, atau kolektivisme pluralistik, merupakan cita-cita UU Desa". Desa Soropaten sedang meniti langkahnya sebagai Desa inklusif, berorientasi keluar untuk mengenalkan tradisi. Kisah Kyai Karsorejo pun memberi pesan simbolis bahwa sejak dulu Desa memiliki otonomi yang kuat berhadapan dengan negara, terutama negara-kolonial. Kepala Desa hadir sebagai pemimpin rakyat. Desa berorientasi keluar membangun kolaborasi dengan para pihak, dan kemakmuran tumbuh dengan baik.

Prakarsa yang telah dilakukan oleh warga Desa, berlanjut dengan advokasi Pemerintah Desa, setidaknya membuka rintisan bagi Desa untuk membuka aksi bersama sebagai Desa Budaya yang mengusung wisata tradisi.*

Kontributor: Ayu Nuridha A,SE, Pendamping Desa Pemberdayaan, Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.

Editor: Anom Surya Putra. 

Komentar

Artikel Terpopuler

21-Days of Abundance Meditation Challenge Deepak Chopra

[Calon Buku] Hukum Komunikatif by Anom Surya Putra

OPINI Filsafat Hukum: Bagian Ke-2 Menziarahi Ius, Lex dan Codex

Day 12 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 13 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 11 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Hukum dalam Teori Tindakan Komunikatif Habermas

Ensiklopedi Filsafat Jürgen Habermas

OPINI Filsafat Hukum: Bagian Ke-3 Filsafat Ilmu Hukum dan Filsafat Hukum

OPINI Filsafat Hukum: Bagian Ke-1 Berawal dari Sophia, Cinta Mendalam Yang Bijaksana