HUKUM KOMUNIKATIF: ADAPTASI PEMIKIRAN HUKUM DAN FILSAFAT JÜRGEN HABERMAS PENULIS: ANOM SURYA PUTRA *** Hukum Komunikatif. Istilah ini penulis peroleh setelah bongkar pasang gagasan tentang pengetahuan hukum apa yang tepat untuk mewarnai diskursus ilmu hukum ( jurisprudence ) dan ilmu sosial-hukum ( legal science ) di Indonesia. Cara berpikir Hukum Komunikatif berakar dari buku karya Habermas. Judul aslinya adalah Faktizität und Geltung: Beiträge zur Diskurstheorie des Rechts und des demokratischen Rechtsstaats , Frankfurt a.M. 1992. Diterjemahkan dalam bahasa Inggris berjudul " Between Facts and Norms: Contributions to a Discourse Theory of Law and Democracy " (Antara Fakta dan Keabsahan Normatif: Kontribusi untuk Teori Diskursus Hukum dan Demokrasi), karya Jürgen Habermas (Massachusetts Institute of Technology, 1996). Buku ( online ) ini, entah suatu saat nanti akan terbit dalam versi cetak, ditulis dengan gaya rileks atau semacam humor yang belum tentu memancin...
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
OPINI Musik: Orkestra Mars PMII - Official Lyric Video - Bahasa Inggris (Album Orkestra Pergerakan 2008)
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Mars PMII. Pencipta lagu: Shaimoery WS. Syair: Mahbub Djunaedi. Komposer Musik Orkestra PMII: Taufik A. Adam. Translasi Lirik Bahasa Inggris (2007): Maria Ulfah Sugara (Leiden).
PMII MARCH SONG
Here we are O Indonesia.
One row and only one expectation.
Defenders of the nation, upholders of the religion.
With these hands go forward to the front.
The dark period is over.
The old suffering is already ended.
The glorious nation, the true Islam.
Frighten wake up to my fertile land.
REFF:
Along with PMII, My movement.
I dedicate my knowledge and devotion.
Struggle for justice and prosperity.
For you my only one country.
For you my one and only faith.
Here we are O Indonesia.
One generation and one spirit.
The independent youth people nation.
With these hands go forward to the front.
Pada kata-kata “Here we are O Indonesia”, huruf O yang mengartikan kata “Wahai” adalah “exclamation” yang biasa digunakan dalam karya sastra Inggris. Tidak ditulis “double O” seperti “OO”, “Oo” atau “oo, juga tidak “OH”, “Oh” atau “oh” yang lebih bersifat informal.
Lirik berbahasa Inggris ini mungkin terdapat kesulitan dalam pelafalan. Misalnya: “Defenders of the nation, upholders of the religion,” karena kata-katanya agak banyak dan mesti cepat dilafalkan. Strateginya ialah melafalkan beberapa “syllables” dengan lafal agak tipis sehingga bunyinya terdengar samar atau tidak terlalu jelas. Terutama pada kata “of” dan “the” dan menyambung pada barisan kata berikutnya: “upholders of the religion.”
Pada lirik “With these hands go forward to the front” awalnya diterjemah “With fists and go forward to the front” dengan mengikuti majas pleonasme (penegasan) yakni “maju ke muka”. Dengan menggunakan lirik ““With these hands go forward to the front”, lagu Mars PMII tetap dipertahankan gaya aslinya dan lebih pas dilafalkan sesuai partitur.
Beberapa kata-kata lain yang kental dengan nilai sastra seperti “Here we are, O Indonesia”, “Have awaken to my fruitful land”, “For you, my only one country”, dan “For you, my one and only faith”, berasal dari gaya informal “Oral English” atau bukan bahasa formal “written English”. Ini merupakan hal yang biasa dalam karya sastra dan tetap disesuaikan dengan lagu.
Lirik atau teks lagu Mars PMII merupakan karya sastra. Lebih tepat bila diperlakukan sebagai karya sastra, seperti puisi yang tentunya memengaruhi gaya penulisan dan penerjemahan. Terutama terkait struktur dan pemilihan kata (termasuk untuk kepentingan nada lagu). Selain itu, penerjemah lirik (Maria Ulfa Sugara) berusaha menghindari “vocabularies” yang bias gender.*
- Diadaptasi Anom Surya Putra (ASP) dari tulisan Maria Ulfa Sugara, Leiden, The Netherlands, 20 Januari 2007.
Welcome to Day 18. Living only in the physical realm, we perceive the world through our senses. Yet if you depend only on our senses, we believe the physical world is our sole reality, in which all beings are separate from one another, and have access to limited resources. From this perspective of lack, we begin to believe, for instance, that if someone else enjoys success our finds love, we may be left out. We become steeped in a competition, that pits us against one another, and prevents us from experiencing true bliss. In truth, at both the molecular and spiritual levels, you and I are one, sharing the unity of an all-pervasive spirit. And once we realized that we are completely connected, the notion of competition disappears, giving way to cooperation, and unity consciousness. In this state we know, that when one person succeeds, we all succeed. Furthermore since I am you, I do not exist without you. Both illustrate at this point by using two bundles of reeds, lean...
HUKUM KOMUNIKATIF: ADAPTASI PEMIKIRAN HUKUM DAN FILSAFAT JÜRGEN HABERMAS PENULIS: ANOM SURYA PUTRA *** Hukum Komunikatif. Istilah ini penulis peroleh setelah bongkar pasang gagasan tentang pengetahuan hukum apa yang tepat untuk mewarnai diskursus ilmu hukum ( jurisprudence ) dan ilmu sosial-hukum ( legal science ) di Indonesia. Cara berpikir Hukum Komunikatif berakar dari buku karya Habermas. Judul aslinya adalah Faktizität und Geltung: Beiträge zur Diskurstheorie des Rechts und des demokratischen Rechtsstaats , Frankfurt a.M. 1992. Diterjemahkan dalam bahasa Inggris berjudul " Between Facts and Norms: Contributions to a Discourse Theory of Law and Democracy " (Antara Fakta dan Keabsahan Normatif: Kontribusi untuk Teori Diskursus Hukum dan Demokrasi), karya Jürgen Habermas (Massachusetts Institute of Technology, 1996). Buku ( online ) ini, entah suatu saat nanti akan terbit dalam versi cetak, ditulis dengan gaya rileks atau semacam humor yang belum tentu memancin...
Mahkamah Agung menolak permohonan keberatan hak uji materiil dari Pemohon ("Perkumpulan Unit Pengelola Kegiatan Negara Kesatuan Republik Indonesia; disingkat UPK NKRI) pada tanggal 11 Oktober 2021. Dalam situs Mahkamah Agung (MA), Putusan MA ini telah berkekuatan hukum tetap. Konsekuensi yuridisnya, kaidah hukum Pasal 73 PP No. 11/2021 tentang BUM Desa yang mengatur tentang kaidah hukum transformasi UPK Dana Bergulir Masyarakat (UPK DBM) tetap sahih dan berlaku. Putusan MA ini penting sebagai pembelajaran berhukum dalam konteks transformasi organisasi eks proyek PNPM-Mandiri Perdesaan ke institusi kerjasama usaha antar-Desa, sehingga menarik untuk menelusuri pertimbangan para hakim agung dalam Putusan MAHKAMAH AGUNG Nomor 32 P/HUM/2021 antara PERKUMPULAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN NEGARA KESATUAN RI (ASOSIASI UPK NKRI) VS PRESIDEN RI. Argumen Hukum yang Ditolak Para pembaca dipersilahkan untuk mengunduh naskah putusan MA tersebut melalui alamat ini. Dalam bahasa yang lebih mudah di...
Serial tulisan ini membahas buku filsafat hukum dan sosiologi hukum " Between Facts and Norms: Contributions to a Discourse Theory of Law and Democracy " (Antara Fakta dan Keabsahan Normatif: Kontribusi untuk Teori Diskursus Hukum dan Demokrasi), karya Jürgen Habermas (Massachusetts Institute of Technology, 1996). Buku Habermas dalam bahasa Inggris tersebut awalnya berjudul Faktizität und Geltung: Beiträge zur Diskurstheorie des Rechts und des demokratischen Rechtsstaats , Frankfurt a.M. 1992. Habermas menulis pembahasan lengkap mengenai filsafat hukum, sosiologi hukum dan demokrasi deliberatif. Mahasiswa, praktisi hukum, ilmuwan sosial hukum dan politisi partai politik perlu membaca dan menimbang-nimbang buku ini dalam praksis berhukum kontemporer. Please cite as: Putra, Anom Surya. “Pemikiran Hukum Jürgen Habermas (7): Tindakan-Tutur ( Speech-Act ) Kegagalan Aplikasi SDGs Desa.” Blog Anom Surya Putra , Juli 2022. ------------------------------------ Tindakan-Tutur ( ...
Buku Republik Desa Desa hadir sebelum "negara Republik". Semua Desa adalah Republik. Buku Republik Desa karya Robert Wade (1994; diterbitkan kali pertama tahun 1988) menghadirkan pembacaan ulang atas cara unik Desa di India Selatan yang mengatur-dan mengurus-secara mandiri ( self-governing ). Mendekati tipe-ideal Desa yang Berdesa di Indonesia. Wawasan pengetahuan tentang Desa, sumber daya bersama, tragedi sumber daya bersama, dan aksi kolektif dibahas lengkap dalam buku ini. Setidaknya, buku Republik Desa yang ditulis Robert Wade menginspirasi kebangkitan studi hukum Republik Desa di Indonesia yang sudah lama ditinggalkan dan mati suri. Please cite as: Wade, Robert. "Republik Desa di India Selatan (1): Tragedi Sumber Daya Bersama dan Aksi Kolektif." Blog Anom Surya Putra. Agustus 2022. ----------------------- Pengantar Robert B. Hawkins, Jr. President Institute for Contemporary Studies Bagaimana petani di perdesaan India atau penduduk miskin perumahan umum di kot...
Friedrich Nietzsche merupakan filsuf eksistensialis yang berdayakuat dalam membongkar makna kekuasaan setelah karyanya menyatakan Tuhan telah Mati. Pernyataan “Tuhan Mati” memiliki rangkaian pernyataan dengan manusia Übermensch dan Kehendak untuk Berkuasa ( der Wille zur Macht ). Pernyataan “Tuhan Mati” lahir dari diskursus kehidupan yang penuh kerapuhan dan kerapuhan itu mengantarkan manusia terpenjara dalam ruang nihilistik yang kosong. Konsep “Tuhan” yang dibidik Nietzsche adalah tuhan dalam pemikiran manusia. Suatu landasan yang dicari untuk menatap hidup sebagai tragedi. Kritik Nietzsche dalam hal ini merelatifkan suatu yang absolut dan mengabsolutkan suatu yang relatif. Kematian Tuhan dalam karyanya mengakui adanya tuhan-tuhan dalam bentuk ilmu pengetahuan dan otoritas kekuasaan absolut lainnya yang selanjutnya dibunuh (oleh tokoh aforis: Zarathustra) agar tidak menghalangi Kehendak untuk Berkuasa ( will to power ; der Wille zur Macht ). Dunia dan kehidupan bagi Nietzsche ...
This is a copy of an Indonesian translation of “ Sociology of Law: Visions of a Scholarly Tradition ” (2008), Mathieu Deflem, University of South Carolina, Translated by Anom Surya Putra. Buku sosiologi hukum ini menyajikan visi ilmiah sosiologi hukum berdasarkan diskusi tentang pencapaian utama dari spesialisasi sosiologi hukum. Karya Mathieu Deflem ini mengungkapkan nilai-nilai studi sosiologi hukum dengan menyatukan tema-tema teoritis dan empiris. Source: Sociology of Law: Visions of a Scholarly Tradition , by Mathieu Deflem (Cambridge University Press, 2008) https://deflem.blogspot.com/2008/01/socoflaw.html Please cite as: Deflem, Mathieu. 2008. "Sosiologi Hukum Mathieu Deflem (38): Sosiologi Ilmu Hukum ( Jurisprudential Sociology )." Blog Anom Surya Putra , Agustus 2022. ------------- Bagian II Perkembangan dan Variasi-variasi Sosiologi Hukum 6. Sosiologi Hukum dan Antinomi Pemikiran Modern Normativitas dalam Sosiologi Hukum: Sosiologi Ilmu Hukum ( Jurisprud...
Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, Drs., M.Ec., Ph.D., Ak. Dosen Pengajar Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Diskursus studi akuntansi kritis ditulis oleh Tjiptohadi Sawarjuwono dengan merefleksikan filsafat Jürgen Habermas. Sungguh unik dan fundamental bagi perkembangan diskursus filsafat "Teori Kritis" dan ilmu pengetahuan akuntansi. Karya beliau, saya terjemahkan untuk kepentingan pengembangan diskursus filsafat "Teori Kritis", filsafat hukum Jürgen Habermas , diskursus Berdesa , praksis akuntansi maupun akuntansi keuangan BUM Desa yang sedang disusun dalam blog ini. Sumber: Sawarjuwono, Tjiptohadi, Accounting language change: a critical study of Habermas's theory of communicative action, Doctor of Philosophy thesis, Department of Accounting and Finance, University of Wollongong, 1995. https://ro.uow.edu.au/theses/1012 ----------- Bab 1 Kompetensi Komunikatif Bahasa Akuntansi Pengantar Penelitian ini disel...
Wisata Tradisi terasa sekali bila kamu jalan-jalan ke Desa Warungbanten, Lebak, Banten. Kurang lebih 197 kilometer dari ibukota Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Desa yang mendapat penghargaan sebagai salah satu Desa Literasi Indonesia pada tahun 2018. Rutenya mudah. Gunakan commuterline dari stasiun Tanah Abang. Turun di stasiun terakhir yakni Rangkas Bitung. Lanjutkan perjalananmu naik kendaraan umum pada pagi hari sekitar jam 7 sampai dengan jam 11 siang. Angkutan umum itu akan berhenti di terminal Cikotok dan naik ojek lagi dengan biaya Rp15.000,00. Tibalah kamu di Desa Warungbanten. Kamu bisa juga naik kendaraan pribadi dari Jakarta. Perjalanannya memakan waktu sekitar 7 jam. Melewati Serang atau Sakeeti Pandeglang. Kami tiba di desa Warungbanten sudah sore hari. Singgah di salah satu lokasi usaha BUM Desa Dewara. Sembari ngopi dan berbincang dengan pengelolanya. Warung serba ada. Warung ini tidak mematikan warung-warung yang ada di Desa. BUM Desa hanya menjual sembako, dedak ...
Sumber: KORAN SINDO JATIM, Sabtu 19 Maret 2016, OPINI - Satu tahun lalu, Kementerian Desa dan Kementerian Kesehatan bersinergi untuk pembangunan Puskesmas, bidan desa, dan ketersediaan air bersih (KORAN SINDO, 5/1/2015). Di belahan wilayah lain, warga desa di Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan mengalami kendala data BPJS yang tidak sinkron dengan data kependudukan sehingga warga desa “gagal berobat” (KORAN SINDO, 12/1/2016). UU No. 6/2014 tentang Desa menghadapi tembok desentralisasi administratif yang residual bagi Desa Sehat (Sutoro Eko, 2015). UU Desa dan peraturan pelaksanaannya menegaskan, Perdes Kewenangan Lokal menjadi dasar penggunaan Dana Desa (DD). Kewenangan lokal skala desa untuk kesehatan terhampar di lapangan nyata, namun tak semua desa berhasil merayakan kewenangan itu sebagai “kemenangan desa”. Desa Pemasar, Kecamatan Maronge, Sumbawa, adalah salah satu desa yang merayakan kemenangan desa. Kesehatan skala lokal desa ditetapkan ...
Komentar