Opini Terbaru

Between Facts and Norms, Pemikiran Hukum Jürgen Habermas (2): Pengantar dari Jürgen Habermas

Gambar
PENGANTAR Jürgen Habermas  | Penerjemah: Anom Surya Putra | Di Jerman, filsafat hukum telah lama tidak lagi menjadi materi pembahasan bagi para filsuf. Jika saya jarang menyebut nama Hegel dan lebih mengandalkan teori hukum Kantian, hal ini juga mengungkapkan keinginan saya untuk menghindari suatu model yang menetapkan standar yang tidak dapat dicapai bagi kita. Memang, bukan kebetulan bahwa filsafat hukum, dalam mencari kontak dengan realitas sosial, telah bermigrasi ke aliran-aliran (mazhab) hukum. [1] Namun, saya juga ingin menghindari ilmu hukum teknis yang terfokus pada fundasi-fundasi hukum pidana. [2] Apa yang dulunya dapat dianut secara koheren dalam konsep-konsep filsafat Hegelian saat ini menuntut pendekatan pluralistis yang menggabungkan perspektif teori moral, teori sosial, teori hukum, serta sosiologi dan sejarah hukum. Saya menyambut ini sebagai kesempatan untuk menampilkan pendekatan pluralistis yang sering tidak diakui/disadari teori tindakan komunikatif. Konsep-konse

Sosiologi Hukum Mathieu Deflem (68): Kesimpulan Analisa Hukum dan Budaya

Buku sosiologi hukum ini menyajikan visi ilmiah sosiologi hukum berdasarkan diskusi tentang pencapaian utama dari spesialisasi sosiologi hukum. Karya Mathieu Deflem ini mengungkapkan nilai-nilai studi sosiologi hukum dengan menyatukan tema-tema teoritis dan empiris. 

This is a copy of an Indonesian translation of “Sociology of Law: Visions of a Scholarly Tradition” (2008), Mathieu Deflem, University of South Carolina, Translated by Anom Surya Putra

Source: Sociology of Law: Visions of a Scholarly Tradition, by Mathieu Deflem (Cambridge University Press, 2008) https://deflem.blogspot.com/2008/01/socoflaw.html

Please cite as: Deflem, Mathieu. 2008. "Sosiologi Hukum Mathieu Deflem (68): Kesimpulan Analisa Hukum dan Budaya." Blog Anom Surya Putra, Agustus 2022.

-------------

Bagian III Dimensi-dimensi Sosiologis Hukum

10. Hukum dan Budaya: 

Keseimbangan Nilai-nilai Melalui Norma-norma

Kesimpulan

Keprihatinan sosiologis utama yang berkaitan dengan integrasi, dalam distingsi kebangkitan individualisme dan keragaman dalam budaya modern, telah memunculkan berbagai perspektif teoretis, mulai dari pendekatan modernis fungsionalis dan teori konflik hingga perspektif pascamodernis dan dekonstruksi. Dalam studi sosiologi hukum dan ketimpangan, baik perspektif modernis dan pascamodern dalam beberapa tahun terakhir terus berkembang, namun teori modernis telah mampu lebih baik menahan invasi pascamodernisme dan dekonstruksi dalam bekerja pada ketimpangan hukum berdasarkan klas, yang bisa dibilang merupakan area paling tradisional dari sosiologi tentang ketimpangan. Bergerak secara progresif menuju area ketimpangan yang secara historis kurang dikenal dalam sosiologi, khususnya gender dan, selanjutnya, ras dan etnis, pascamodernisme, dan dekonstruksi lebih berhasil menemukan landasan subur penerapannya. Dengan meningkatnya kompleksitas kehidupan sosial dalam hal budaya, juga, analisis klas dan ketimpangan secara umum telah mengalami penurunan dalam mendukung karya tentang ketimpangan dan hukum dalam hal gender dan ras dan etnis.

Bahkan lebih dari kasus dalam penelitian tentang klas dan gender, gagasan tentang universalitas hukum telah menyebabkan relatif kurangnya perhatian terhadap perbedaan hukum di sepanjang garis ras dan etnis, yang secara luar biasa mengingat bahwa contoh sejarah penting dari ketimpangan hukum yang ditimbulkan pada ras dan etnis minoritas sudah diketahui. Di antara contoh yang amat jelas adalah pengalaman kolonial negara-bangsa Eropa membangun kekuasaan mereka di seluruh dunia, pelembagaan hukum perbudakan di Amerika Serikat dan di tempat lain, penghapusan resmi kewarganegaraan dari orang Yahudi dan "non-Arya" lainnya di Nazi. Jerman, berbagai manifestasi pengesahan kebijakan diskriminatif berdasarkan latar belakang ras dan etnis, dan, yang sangat penting di era sekarang, perdebatan seputar kebijakan suaka, kewarganegaraan, dan imigrasi. Pengabaian ras dan etnisitas yang relatif namun mencolok dalam sosiologi hukum mungkin disebabkan oleh kurangnya representasi minoritas dalam keilmuan sosiologis. Namun, sebaliknya, keilmuan hukum, yang dicirikan sama dalam hal komposisi ras dan etnis, telah mampu berfokus pada ketimpangan hukum ras dan etnis melalui kontribusi Teori Ras Kritis. Terlepas dari pencapaiannya yang tidak dapat disangkal, sosiologi hukum jelas memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam masalah ketimpangan, terutama di sepanjang garis ras dan etnis, jika ingin berkontribusi secara berguna pada perdebatan akademis tentang masalah ini.

Fungsi utama hukum adalah integrasi. Namun, pemberian-kesaksian tentang nilai perbedaan antara fungsi yang dimaksudkan dan konsekuensi yang dicapai, banyak ketimpangan sosial tetap ada meskipun ada jaminan hukum yang eksplisit tentang kesetaraan untuk semua. Meningkatnya keragaman masyarakat modern di bawah kondisi nilai-nilai budaya individualis semakin memperkuat kesulitan-kesulitan khusus dari hukum modern. Jürgen Habermas (1991: 91) dengan tajam merumuskan masalah ini dengan mengemukakan bahwa "ruang/ranah pertanyaan yang dapat dijawab secara rasional dari sudut pandang moral menyusut dalam perjalanan perkembangan menuju multikulturalisme." Dalam kondisi keragaman yang semakin meningkat, fungsi utama hukum menjadi lebih penting sekaligus lebih sulit untuk dicapai. Keberagaman dan individualisme yang menandai budaya modern khususnya menimbulkan masalah dalam hal regulasi aspek kehidupan yang intim yang berhubungan dengan kesehatan, keluarga, dan diri sendiri. Sejarah regulasi pernikahan sesama jenis dan undang-undang aborsi di Amerika Serikat dan kekhawatiran yang terus berlanjut tentang perlakuan Belanda terhadap euthanasia, misalnya, menunjukkan hukum kadang-kadang dapat memperburuk, bukannya menyelesaikan, perselisihan di arena hukum dan budaya. Sifat perdebatan yang panas dan intens ini memicu kegiatan di arena hukum dan politik. Konfrontasi budaya dan mobilisasi gerakan sosial, pada gilirannya, seringkali dipercepat mengikuti keputusan hukum dan kebijakan yang penting. Untuk memecahkan interaksi kompleks antara budaya dan hukum, batas-batas kapasitas integratif hukum terungkap, dan, ironisnya, hukum terbukti mempercepat perdebatan budaya dan konflik atas pertanyaan moral yang penting. Jadi, seperti yang benar pada zaman Durkheim, hukum modern tetap menjadi indikator penting kapasitas masyarakat untuk mempertahankan integrasi sosial dan melestarikan koeksistensi damai pluralitas dunia-kehidupan (lifeworlds).


NEXT >>>> PENEGAKAN HUKUM




Komentar

Artikel Terpopuler

21-Days of Abundance Meditation Challenge Deepak Chopra

Day 2 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 1 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 15 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 12 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 13 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 7 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Permendagri No. 114/2014 tentang Pembangunan Desa Tidak Berlaku, Lex Posterior Derogat Legi Priori

Sosiologi Hukum Mathieu Deflem (3): Memulihkan Sosiologi Hukum

Between Facts and Norms, Pemikiran Hukum Jürgen Habermas (2): Pengantar dari Jürgen Habermas