Opini Terbaru
Sosiologi Hukum Mathieu Deflem (12): Tipe-Ideal dan Afinitas Elektif
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
This is a copy of an Indonesian translation of “Sociology of Law: Visions of a Scholarly Tradition” (2008), Mathieu Deflem, University of South Carolina, Translated by Anom Surya Putra.
Source: Sociology of Law: Visions of a Scholarly Tradition, by Mathieu Deflem (Cambridge University Press, 2008) https://deflem.blogspot.com/2008/01/socoflaw.html
Please cite as: Deflem, Mathieu. 2008. "Sosiologi Hukum Mathieu Deflem (12): Tipe-Ideal dan Afinitas Elektif." Blog Anom Surya Putra, Agustus 2022.
-------------
Bagian I Fundasi Teoritis Sosiologi Hukum
2. Max Weber tentang Rasionalisasi Hukum
Tipe-Ideal dan Afinitas Elektif
Untuk memastikan bahwa sosiologi yang berorientasi pada pencapaian pemahaman tidak akan menjadi mangsa reduksionisme psikologis dan tidak menghasilkan apa-apa selain gangguan dari sejumlah besar temuan tingkat-individu (individual-level), Weber mengembangkan perspektif tipe-ideal (ideal-type). Sosiologi interpretatif berbeda dari interpretasi subjektif belaka dengan mengidentifikasi motif perilaku tertentu dalam kerangka normativitas yang lebih luas. Artinya, agar setiap tindakan manusia dapat ditafsirkan secara sosiologis, tindakan itu harus terbukti memiliki motif yang masuk akal bagi aktor sebagai anggota masyarakat atau sub-bagiannya, dalam distingsi budaya, struktur, norma, dan harapan-harapannya sendiri. Sebagai contoh, masuk akal secara sosiologis bahwa seseorang berdo'a pada saat tragedi pribadi, bukan karena psikologi orang itu, tetapi karena etika yang terkait dengan berdo'a dalam konteks latar belakang agama tertentu. Perbuatan berdo'a dengan demikian secara sosiologis dapat dijelaskan sebagai perilaku keagamaan dan dibedakan, terlebih lagi, dari tindakan manusia lainnya berdasarkan tatanan normatif yang berbeda, seperti ilmu pengetahuan dan hukum.
Tipe-ideal dibangun dengan mengabstraksikan dan menggabungkan sejumlah elemen terbatas dari realitas untuk membuka kekacauan (chaos) peristiwa empiris ke deskripsi dan pemahaman. Tujuan dari tipe-ideal sepenuhnya analitis, dan hanya melalui penerapan, tipe-ideal dapat ditemukan berguna atau tidak. Dalam bentuknya yang paling mendasar, tipe-ideal mengacu pada definisi fenomena yang dapat diamati, seperti hukum, budaya, dan masyarakat. Pada tingkat analisis yang lebih tinggi, tipe-ideal dibangun dari karakteristik khusus fenomena untuk menjelaskan kondisi historis dan kondisi kekinian (contemporary) yang menjelaskan keadaan dan perkembangan masyarakat.
Sebagai contoh metodologi tipe-ideal, Weber membedakan empat tipe interaksi manusia: (1) tindakan tradisional dilakukan di bawah pengaruh adat atau kebiasaan; (2) tindakan afektif dipandu oleh emosi; (3) tindakan nilai-rasional dipandu oleh keyakinan pada nilai intrinsik dari cara perilaku tertentu terlepas dari konsekuensinya; dan (4) tindakan rasional-bertujuan didasarkan pada kalkulasi sadar tentang sarana menuju tujuan tertentu. Dalam menentukan konstruksi tipe-ideal tindakan manusia, Weber berusaha menunjukkan rasionalitas berbagai tipe perilaku, tidak ada yang berdiri di atas yang lain. Lebih penting lagi bagi perkembangan teori masyarakat Weber, konstruksi tindakan tipe-idealnya juga membentuk landasan pengamatan penting terhadap jalannya masyarakat modern, dengan menunjukkan bahwa masyarakat modern ditandai dengan meningkatnya pengaruh tindakan rasional-bertujuan dan kerugian relatif tindakan tradisional. Weber mengamati bahwa semakin banyak aspek masyarakat modern, baik aspek politik, ekonomi, atau budaya, ditandai oleh ketergantungan yang dominan pada pertimbangan yang dapat dikalkulasi untuk menggunakan cara yang paling efisien untuk tujuan tertentu.
Weber berpendapat bahwa pengaruh progresif pemikiran rasionalitas-bertujuan di seluruh institusi sosial menunjukkan kebutuhan teoretis untuk menerobos model penjelasan materialis dan idealis untuk menunjukkan afinitas elektif (Wahlverwandtschaft) yang ada di antara kondisi masyarakat. Teori stratifikasi sosial Weber, karenanya, tidak hanya membedakan antara klas berdasarkan kepemilikan ekonomi, tetapi antara klas, status, dan partai. Klas didefinisikan oleh Weber dalam hal kepentingan bersama (ekonomi) berdasarkan properti dan pendapatan, sementara kelompok status (secara budaya) ditentukan oleh perkiraan kehormatan dan prestise yang diakui, dan partai-partai bersatu dalam hal kekuasaan (politik). dan dominasi. Tidak seperti Marx, oleh karena itu, Weber tidak menganggap kondisi ekonomi lebih mendasar daripada kekuatan masyarakat lainnya, dia juga tidak setuju dengan teori kebalikan dari idealisme budaya bahwa nilai menentukan kekuatan material masyarakat. Weber sebaliknya berpendapat, berbagai proses dan kondisi masyarakat dapat berbagi karakteristik dan perkembangan yang sama dan saling memengaruhi dan memperkuat satu sama lain. Teori Weber dengan demikian dapat digambarkan sebagai multidimensi. Penjelasan terperinci (exposition) teori masyarakat Weber akan lebih menjelaskan makna dan nilai tentang perspektif Weber.*
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar