Opini Terbaru

[Calon Buku] Hukum Komunikatif by Anom Surya Putra

Gambar
 Hukum Komunikatif Karya: Anom Surya Putra ~ Naskah (calon) buku yang ditulis dalam keadaan "chaotic", non-sistematis, sedikit mengandung aforis atau metafor, tidak bermanfaat bagi praktisi hukum, dan mungkin berguna bagi pemula yang hendak membaca "hukum" dengan cara rebahan, atau bacaan ringan bagi individu yang mati-langkah dengan dunia hukum yang digeluti selama ini ~ I. Bangun dari Tidur Panjang Secangkir kopi dan teh berdampingan di meja kecil. Gemericik air dari pahatan pancuran air menemani cairan yang tersimpan di dalam cangkir kopi dan teh. Mata sembab setelah menatap ribuan kalimat di layar komputer. Jemari bergerak secara senyap, memindahkan visual pikiran dan audio batin ke dalam rangkaian gagasan. Awal. Baru memulai. Chaotic. Bangun dari tidur yang panjang. Terlalu banyak minum kopi dan teh sungguh memicu asam lambung. Cinta yang mendalam terhadap kopi dan teh terganggu dengan asam lambung yang bergerak maraton di dalam tubuh. Kurang bijak meminum kopi...

Bayu Budiandrian: Pembacaan Buku Daniel Tanuro, "Green Capitalism: Why it can’t Work"

Daniel Tanuro adalah seorang Marxist sekaligus seorang Ecosocialist. Tanuro adalah tokoh yang sama yang pernah mempublikasikan tulisan berjudul “21th Century Socialist must be eco-socialist”. 

Dalam bukunya kali ini, Green Capitalism: Why it can’t work (2010) Tanuro memberikan perhatian yang lebih serius terhadap diskursus tentang krisis iklim yang menurutnya selama ini masih dipenuhi oleh diskursus antroposentrisme. 

Baginya, akan selalu ada kebutuntuan yang tak terelakan pada berbagai perdebatan tentang kontradiksi antara hubungan pembangunan manusia dan perubahan lingkungan. Diskursus developmentalism dan environmentalism yang terus meluas dan tak berkesudahan. Terkait hal tersebut, Tanuro membahasnya secara khusus pada chapter “A False Consciousness”. Baginya seluruh diskursus gagal atau ragu-ragu atau memang tidak mau secara serius membedah permasalahan krisis iklim. Hal itu disampaikan Tanuro sebagai berikut:

The increase in temperature we are experiencing is primarily due to the combustion of fossil fuels during the two centuries since the Industrial Revolution. The cause is therefore not ‘human agency’, nor humanity in general but particular type of historically and socially determined human activity”. 

Tanuro juga menyoroti kelembagaan internasional seperti IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) yang tidak membawa pengaruh signifikan kepada perbaikan kondisi lingkungan. Selain itu, ia juga menolak ide dari para penganut konsep “de-grwoth” dan menkritisi konsep “Green Economy” sebagai sebuah “akal-akalan” yang hanya bertujuan untuk memprivatisasi lingkungan secara lebih sistematik, sehingga mereka hanya cukup membayar “jasa lingkungan” saja tanpa harus ikut bertanggung jawab. 

Hal tersebut merupakan agenda Neo Liberal yang mana kapitalis besar pemilik sumberdaya agar dapat dengan mudah untuk memastikan pengelolaan manajemen SDA yang lebih proper dan menguntungkan. Tanuro menjelaskannya pada bagian awal buku:

“Merujuk pada agenda pemerintah neolib dan korporasi besar, pasar ekonomi dapat menyelesaikan semua permasalahan. Solusinya bagi mereka, bukan pada memperlambat mesin atau laju ekonomi tetapi justru dengan meningkatkannya. Dalam rangka pengurangan emisi karbon pada tingkat proporsi yang bisa dikendalikan, semua yang dibutuhkan adalah dengan menempatkan harga yang tinggi pada karbon”. 

Bagi Tanuro permasalahan krisis ekologi adalah permasalahan yang bersifat struktural dan dengan demikian, solusinya sangat jauh dari sebatas perkembangan dan pemutakhiran teknologi semata. “Environmental problem are now inseparable from social problem”. 

Untuk itu, alternatif yang diperlukan tidak sebatas penyelesaian pada ranah politik dalam terminologi yang dikenal saat ini. Kita juga harus menentukan jenis masyarakat yang kita inginkan. 

Sekilas apa yang ditawarkan oleh Tanuro, mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Bookchin, tetapi dengan meilhat lebih jauh apa yang ditawarkan Tanuro dalam konsep Ecosicialist-nya maka akan dapat terlihat letak persimpangan yang membedakan antara Ecosocialist-Marxist dengan Social Ecology-Boockhin. 

Ecosocialism versi Tanuro (2010) secara eksplisit menawarkan solusi rasional dengan mengkombinasikan empat elemen antara lain:

  • Memenuhi kebutuhan pokok masyarakat
  • Mengurangi produksi secara global dengan mengurangi waktu kerja per minggu dan mengeliminasi produksi yang tidak perlu dan barang-barang yang berbahaya. Mengurangi penggunaan jumlah transportasi yang berimplikasi pada relokasi produksi
  • Secara radikal meningkatkan efisiensi energy dan bertransisi ke penggunaan energy terbarukan serta pengurangan ongkos produksi.
  • Pembentukan kondisi politik dan kebudayaan yang lebih bertanggungjawab secara kolektif terhadap pola produksi dan konsumsi melalui proses DEMOKRASI (pada pengertian politik yang lebih luas).

Nah, pembaca melihat lebih jauh perbedaan visi antara Ecosocialism-Marxist dengan Social Ecology-Anarchist bisa mengunjungi tulisan saya sebelumnya di situs Institut Ekologi Radikal.* 


Komentar

Artikel Terpopuler

21-Days of Abundance Meditation Challenge Deepak Chopra

[Calon Buku] Hukum Komunikatif by Anom Surya Putra

OPINI Filsafat Hukum: Bagian Ke-2 Menziarahi Ius, Lex dan Codex

Day 12 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 13 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Day 11 21-Day Meditation Challenge Creating Abundance (Deepak Chopra)

Hukum dalam Teori Tindakan Komunikatif Habermas

Ensiklopedi Filsafat Jürgen Habermas

OPINI Filsafat Hukum: Bagian Ke-3 Filsafat Ilmu Hukum dan Filsafat Hukum

OPINI Filsafat Hukum: Bagian Ke-1 Berawal dari Sophia, Cinta Mendalam Yang Bijaksana